Penyelundupan Ratusan Prosesor Senilai 1,8 Miliar

Penyelundupan Ratusan Prosesor Senilai 1,8 Miliar

CODE TREE – Tindakan kriminal seringkali terjadi di masyarakat, yang baru-baru ini ramai adalah kasus penyelundupan prosesor berlabel intel. Kasus yang terjadi pada pertengahan Juni bulan lalu, seorang sopir truk terpergok di Jembatan HongKong Zuhai Macau. Sopir truk itu di tangkap oleh petugas bea cukai yang sedang tugas karena berusaha untuk melakukan penyelundupan ratusan prosesor berlabel intel.

Sopir truk melakukan penyelundupan ratusan prosesor dengan cara menempelkan benda tersebut di seluruh bagian tubuhnya guna mengakali pihak berwajib agar tidak ketahuan. Hal itu tentunya membuat kerugian yang sangat besar total senilai 50 miliyar lebih.

Penyelundupan Ratusan Prosesor Intel

Kasus penyeludupan ratusan prosesor yang terjadi tiga kali berturut – turut pada pertengahan bulan Juni sampai Juli oleh sopir truk. Penyelundupan pertama terjadi sekitar pertengahan bulan Juni 2021 lalu. Sopir tersebut melakukan penyelundupan dengan modus menempelkan prosesor ke seluruh badan prosesor tersebut. Ia menempelkan di beberapa bagian seperti kaki dan betis, dan dada menggunaan isolasi.

Dari kasus penyelundupan pertama sopir truk tersebut berhasil membawa sekitar 256 unit prosesor. Prosesor yang di selundupkan ini berjenis intel core i7 – 10700 serta i9 – 0900K. Untuk kasus yang pertama ini berhasil membuat kerugian sangat besar 1,8 miliar rupiah.

Kasus Penyelundupan Ratusan Prosesor CPU

Tak lama dari kasus penyelundupan ratusan prosesor yang terjadi pada sekitar pertengahan Bulan Juni. Tepat sepuluh hari selepas terjadinya kasus itu, terjadi lagi satu perkara penyelundupan lainnya.

TRENDING =  Prosesor Terkencang AMD vs INTEL Cepat Mana?

Penyelundupan kasus kali ini yakni cpu yang terjadi masih sama dengan dilakukan oleh sopir truk. Namun tentunya, dilakukan dengan cara berbeda dari sebelumnya yaitu menempelkan pada bagian tubuh. Meletakkan cpu pada sela – sela bangku sopir dan penumpang agar tidak di curigai petugas berwajib. Ia berhasil menyelundupkan sekitar 52 cpu yang akhirnya ketahuan juga.

Kasus Penyelundupan Ribuan CPU dan RAM

Sekitar Bulan Juli tanggal 5 2021 lalu pada Lok Ma Chau Control Proint terjadi lagi kasus baru yang masih berkaitan dengan penyelundupan. Kasus kali ini bukan merupakan kasus penyelundupan ratusan prosesor atau puluhan cpu. Namun hal ini, sudah ada di ranah ribuan. Dimana kasus ini masih dilakukan oleh para sopir truk.

Pada kasusnya, sopir truk kali ini membawa kurang lebih 2,2 ribu unit cpu, seribu kepingan RAM, 630an ponsel pintar, 70 prduk kecantikkan yang diselipkan pada selipkan pada tumpukkan barang elektronik pada mobil truk. Harga kerugian dari kasus ini berkisar 57 miliar rupiah.

Sekilas Kasus Penyelundupan Cina

Perkara penyelundupan sepeti ini memang sering sekali terjadi di sekitar Cina. Namun, sebelum terjadinya kasus penyelundupan ratusan prosesor, puluhan cpu, dan juga ribuan cpu serta ram ini tentunya banyak perkara lain yang mirip dengan tiga diatas.

Kasus tersebut adalah penyelundupan kartu olah grafis atau yang biasa disebut dengan GPU. Hal tersebut terjadi beberapa bulan sebelumnya, dengan seorang oknum yang berusaha untuk menyusupkan puluhan kargo yang ia isi gpu dengan label Nvidia Ge Force RTX 3090. Kasus tersebut tentu membuat kerugian senilai 4,7 miliar rupiah dari pabrik MSI berada di Taiwan.

TRENDING =  Prosesor Terkencang AMD vs INTEL Cepat Mana?

Itu dia sedikit ulasan tentang kasus penyelundupan ratusan prosesor, cpu, ram dan juga ponsel pintar yang terjadi di cina dan sekitarnya. Kasus ini nampaknya didorong kuat oleh keadaan di sana yang di mana mengalami kesulitan dalam mendapat komponen di market.

Check Also

Prosesor Terkencang AMD vs INTEL Cepat Mana?

Prosesor Terkencang AMD vs INTEL Cepat Mana?

CODE TREE – Begitu perkembangannya sengit antara teknologi informasi. Sehingga sudah tidak asing jika banyak …